Mon. Oct 21st, 2024

Manado – Keraguan sebagian warga Sulawesi Utara (Sulut) menyangkut identitas ke-Minahasa-an Mayjen TNI (Purn) Yulius Selvanus Lumbaa menyusul penetapannya sebagai calon tunggal gubernur oleh Partai Gerindra, memicu tiga rukun keluarga besar di Tanah Minahasa menggalang kekuatan.

Purnawiran TNI dari Kopassus yang menjadi salah satu orang kepercayaan Menteri Pertahanan RI sekaligus Presiden terpilih Prabowo Subianto itu, oleh para pengurus rukun keluarga tersebut ditegaskan, memiliki darah keturunan Minahasa yang sangat jelas.

Gisye Komaling adalah ibu kandung dari Yulius. Karena itu,  di Sulut dia lebih populer dengan panggilan Yulius Selvanus Komaling (YSK). Gisye adalah anak dari pasangan Albert Komaling asal Kakas dan Anna Maria Sumual dari Remboken. Keduanya mangkat dan dimakam di Tempat Pemakaman Umum (TPU) di wilayah Kakas, Minahasa.

Sementara, Anna Maria Sumual sendiri  adalah anak dari Opa Tua Thertius Sumual dan Oma Tua Juliana Tendean. Keduanya dimakamkan di TPU Remboken, Minahasa.

Dengan begitu, asal-usul ke-Minahasa-an Mayjen TNI (Purn) Yulius Selvanus Komaling yang disebut-sebut ‘anak-emas’-nya Prabowo Subianto, ternyata sudah  terang benderang.

Hal itu dipaparkan Koordinator Keluarga Besar Komaling Provinsi Sulut, Relly Komaling, dan Koordinator Sumual Satu Darah, John Hes Sumual, serta penegasan dari Ketua Umum Waraney Nusantara, Herry Mandolang.

Menurut Koordinator Keluarga Besar Komaling Sulut Relly Komaling, ke-Minahasa-an Mayjen TNI (Purn) YSK sangat terang-benderang. Dan itu terbaca dari silsilah Keluarga Besar Komaling bahwa beliau adalah Putra Kakas-Remboken, Minahasa.

“Siapa beliau sebenarnya sudah jelas. Asal-usulnya anak dari Gisye Komaling dari Kakas Tounelet. Dan semua itu terbaca dalam slakboom keluarga Besar Komaling,” ungkap Relly. Karena itu, lanjut dia, seluruh Keluarga Besar Komaling memberi diri untuk mendukung Mayjen TNI (Purn) YSK untuk maju pemilihan gubernur Sulut.

Hal senada diungkapkan Koordinator Sumual Satu Darah, John Hes Sumual seperti dikutip dari www.mejahijau.com, Kamis (06/06/2024). “Beliau juga berasal dari Keluarga Sumual dari Oma Anna Maria Sumual. Karena itulah Pak Yulius sangat dekat dengan keluarga Sumual di mana saja,” kata Hes.

Hes Sumual menandaskan, ke-Minahasa-an Yulius Selvanus Komaling sudah sangat terang benderang. Sosok yang kian populer di Sukut itu nyata-nyata adalah Putra Minahasa berasal dari Kakas-Remboken.

“Prabowo Subianto tidak mungkin salah mengutus orang. Beliau kenal benar bahwa Yulius Selvanus Komaling adalah Tou Minahasa,” tandas John Hes Sumual yang tengah mengkoordinir seluruh Keluarga Besar Sumual di dalam grup Sumual Satu Darah.

Sementara Ketua Umum Waraney Nusatara Herry Mandolang mengurai panjang lebar keberadaan Mayjen TNI (Purn) Yulius Selvanus Komaling yang dikenalnya.

“Asal-usul ke-Minahasa-an beliau sangat jelas. Semua sudah terang-benderang. Tidak perlu lagi didebatkan. Kita semua nusantara. Kita adalah Indonesia Raya,” terang Herry. Ia mengajak seluruh warga Sulut untuk menjaga Pemilihan Gubernur Sulut 2024 supaya boleh terlaksana dengan baik.

“Mari jaga agenda Pemilu 2024, yakni Pilkada Sulut dan Pilkada Kabupaten-Kota biar sukses memilih calon pemimpin masa depan,” pungkasnya.

Menurut ketiganya, antara Prabowo Subianto dan Yulius Selvanus memiliki banyak kesamaan. Bila ayah Prabowo Subianto berasal dari Kebumen, ayah  Yulius, yakni Daud Lumbaa dari Tanah Toraja. Keduanya memiliki kesamaan terlahir dari rahim wanita Minahasa. Kalau Prabowo keturunan keluarga besar Sigar-Maengkom dari Langowan, maka Yulius Selvanus Komaling asal-usulnya berasal dari keluarga besar Komaling-Sumual-Tendean dari Kakas dan Remboken, Kabupaten Minahasa.(dki)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi Kami