Mon. Oct 21st, 2024

SIKLUS-INDONESIA.ID, Pohuwato – Buntut unjuk rasa yang dilakukan oleh masyarakat penambang di Kabupaten Pohuwato, Gorontalo berakhir ricuh. bahkan parahnya, amukan massa yang tidak terbendung sampai membakar kantor Bupati.

Karena tidak ada satupun perwakilan yang berhasil ditemui, para demonstran kemudian pergi menuju Kantor Bupati Pohuwato yang dikawal ketat ratusan aparat kepolisian.

Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pohuwato juga tak luput dari amukan massa.

Sebelumnya juga, bangunan perusahaan milik PT PETS dan KUD Dharma Tani juga jadi sasaran amukan massa.

Ratusan personel keamanan yang diturunkan tidak bisa menghalangi bahkan, aksi baku hantam sempat terjadi antara massa dan pihak kepolisian.

Diketahui, aksi tersebut digelar oleh Forum Persatuan Ahli Waris IUP OP 316 dan ahli waris penambang Pohuwato.

Dalam tuntutan itu, mereka meminta pihak perusahaan mengembalikan lokasi warisan leluhur masyarakat penambang Pohuwato.

Kantor Bupati Pohuwato menjadi saksi ketika pengunjuk rasa dan massa penambang yang berlangsung di Kabupaten Pohuwato berubah menjadi kebakaran yang melanda bangunan pemerintah setempat

Sementara itu Kepala Bidang Humas Polda Gorontalo, Komisaris Besar Polisi Desmont Harjendro, mengatakan, pihaknya telah melakukan koordinasi dan pemantauan dilokasi kebakaran. Personil gabungan dari Polda Gorontalo dan Polres Pohuwato telah dikerahkan untuk mengamankan unjuk rasa itu di bantu aparat TNI yang sudah berada di lokasi. (1230)

By Redaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi Kami